Hal yang Perlu Diperhatikan agar Bisa Tinggal Nyaman di Rumah Kontrakan Murah

Kebutuhan akan tempat tinggal khususnya di kota besar yang terus meningkat tentu berpengaruh langsung pada bisnis jual beli rumah, termasuk bisnis kontrakan.

Khusus bagi mereka yang memiliki budget terbatas, mencari rumah kontrakan murah jadi salah satu pilihan paling umum untuk ditempuh.

Bagi yang baru pertama kali mengontrak, tentu banyak keraguan karena belum tahu hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kontrakan yang cocok. 
Selain harga yang menarik, setiap rumah kontrakan murah biasanya akan memberikan berbagai pilihan fasilitas yang sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Tak hanya sesuai budget, Anda juga perlu pertimbangkan fasilitas yang ditawarkan, misalnya luas bangunan yang cukup, kamar mandi atau toilet yang memadai dan sebagainya. 
Survei dan bandingkan juga harga pasarannya, dalam hal ini pertimbangannya adalah kondisi rumah kontrakan itu sendiri, lengkap fasilitas yang ditawarkan.

Lalu perlu diingat juga, karena mengontrak biasanya bersifat sementara, Anda tidak perlu mencari rumah dengan ukuran yang sangat besar atau fasilitas yang sangat lengkap, karena kuncinya adalah menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda saja.
photo : google images
Mendapatkan rumah kontrakan murah tentu menarik, tapi jangan buru-buru memutuskan karena harga bukan semata-mata hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Agar Anda bisa tinggal di rumah kontrakan murah dengan nyaman, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Lokasi dan akses

Saat mencari rumah kontrakan murah, hal ini juga perlu menjadi pertimbangan karena pemilihan lokasi biasanya disesuaikan dengan aktivitas Anda. Misalnya dekat dari tempat kerja Anda atau pasangan.

Ini tentunya berpengaruh pada kemudahan akses dan biaya transportasi yang perlu Anda keluarkan nantinya.

Fasilitas di sekitarnya juga perlu jadi pertimbangan. Misalnya dekat dengan sejumlah tempat publik seperti pasar, sekolah, tempat ibadah, rumah sakit dan sebagainya. 

Kondisi kontrakan dan lingkungan sekitar

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih rumah kontrakan murah adalah mengecek kondisi bangunan, masih bagus atau butuh perbaikan.

Lalu cek juga sirkulasi udara, sinar matahari yang cukup dan ketersediaan air bersih. Semua faktor ini tentu akan berpengaruh langsung pada kesehatan Anda juga nantinya.
Berikutnya, kenyamanan juga perlu jadi pertimbangan saat memilih rumah kontrakan murah. Karena itu, aspek kebersihan harus diperhatikan.

Tak hanya kebersihan di kontrakan itu sendiri, tapi juga di lingkungan sekitarnya, misalnya pilih rumah yang jauh dari tempat pembuangan sampah atau jauh dari pabrik yang memproduksi limbah dan yang jadi sumber polusi udara.
Kemudian hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah aspek keamanan, misalnya lingkungan yang tidak rawan pencurian.

Kehidupan sosial seperti tetangga dan orang-orang sekitarnya pun perlu Anda perhatikan karena ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda selama tinggal di sini.

Aturan dan kesepakatan dengan pemilik

Pemilik rumah kontrakan murah biasanya akan menetapkan beberapa aturan dan kesepakatan yang berbeda-beda.

Untuk itu Anda perlu tanyakan dan ketahui lebih detil. Mulai dari sejumlah aturan dan larangan, maupun fasilitas dan benefit yang bisa didapatkan.
Aturan yang umum di antaranya terkait uang deposit yang bertujuan sebagai penjamin, misalnya jika pengontrak melanggar aturan dengan merusak furnitur di dalamnya.

Dan karena bersifat jaminan, maka uang deposit ini harus dikembalikan jika masa kontrak berakhir.

Idealnya ada surat persetujuan kontrak yang disepakati kedua belah pihak untuk mengantisipasi terjadinya kesalahpahaman di kemudian hari. 
Meski tidak tinggal selamanya seperti halnya tinggal di rumah milik sendiri, tapi tak ada salahnya Anda tetap punya pertimbangan dalam mencari kontrakan.

Dan walaupun yang dicari adalah rumah kontrakan murah, Anda juga tetap bisa tinggal di hunian yang nyaman dan sesuai kebutuhan, selama Anda pertimbangkan beberapa hal yang disebutkan di atas.
NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page
NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page